Total Pageviews

Translate

Wednesday, October 09, 2013

Apakah Aku Siap Menikah?

Sebelum kita jawab pertanyaan itu, kita harus mengenal diri sendiri dulu. Misalnya, coba pikirkan hal-hal berikut ini:

1. Hubungan dengan orang lain.

Bagaimana kita selama ini memperlakukan orang tua atau kakak-adikmu? Apakah kamu sering hilang kesabaran, mungkin bicara kasar atau sinis sewaktu menyatakan pendapat kepada mereka? Apa kata mereka tentang caramu memperlakukan mereka? Cara kamu memperlakukan anggota keluargamu bisa menggambarkan bagaimana kamu akan memperlakukan pasanganmu kelak.—Efesus 4:31.

2. Sikap.

Apakah kamu orang yang positif? Atau pesimis? Apakah kamu masuk akal? Atau, apakah semua orang harus ikut caramu? Apakah kamu bisa tetap tenang saat menghadapi tekanan? Apakah kamu sabar? Jika dari sekarang kamu sudah mengembangkan sifat-sifat baik yang disebutkan di Galatia 5:22, 23, kamu akan lebih mudah menjadi suami atau istri yang baik nantinya.

3. Keuangan.

Bagaimana kamu selama ini mengatur keuanganmu? Apakah kamu sering berutang? Apakah kamu suka gonta-ganti pekerjaan? Kalau ya, kenapa? Apakah karena pekerjaannya? Bos-nya? Atau karena memang kamu punya sikap atau kebiasaan yang perlu diperbaiki? Kalau kamu tidak bisa mengatur keuanganmu sekarang, bagaimana kamu akan mengatur keuangan keluargamu nanti?—1 Timotius 5:8.

4. Kerohanian.

Jika kamu seorang Saksi Yehuwa, bagaimana rutin rohanimu sekarang? Apakah kamu rajin baca Alkitab, mengabar, dan kasih komentar di perhimpunan? Calon teman hidupmu layak mendapat orang yang kuat secara rohani.—Pengkhotbah 4:9, 10.

Semakin baik kita mengenal diri sendiri, semakin mudah kita menemukan orang yang memperkuat kelebihanmu, bukannya kekuranganmu.

TUHAN YESUS Memberkati.
 

No comments: