Total Pageviews

Translate

Friday, March 08, 2013

Tanda-Tanda Akhir Zaman

Berbicara mengenai akhi zaman, Alkitab adalah buku yang paling tepat, jelas dan akurat memberitahukan kepada kita bagaimana dunia ini dicipta dan bagaimana dunia ini nantinya akan berakhir. Allah yang mahakuasa, sekaligus mahatahu telah menciptakan dunia ini dan segala isinya, juga telah mewahyukan kepada kita segala yang yang akan terjadi di akhir zaman nanti.

Kapan kiamat terjadi. Kapan Tuhan kembali ke dunia. Kapan Dunia ini berakhir adalah pertanyaan selalu ditanyakan setiap kali membahas tentang Akhir Zaman. Bahkan tidak sedikit orang yang terlalu berani berspekulasi dengan menyebut tanggal, bulan dan tahun terjadinya kiamat. Ada yang konyol menyebutkan kiamat akan terjadi 21 Mei 2011. Adapula yang menyebutkan tahun 2012. Kekonyolan ini muncul sebagai akibat dari rasa ingin tahu manusia akan kapan kesudahan dunia ini.

Sebenarnya Yesus sudah menjawab pertanyaan dan spekulasi-spekulasi itu dalam Matius 24:36, “tetapi tentang hari itu dan saat itu tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat disorga tidak, dan Anakpun tidak, hanya Bapa di sorga sendiri.” Tidak ada seorangpun yang tahu tanggal dan tahun saat itu tiba. Tetapi ada tanda-tanda yang menandai kedatangan Tuhan Yesus dan berakhirnya dunia ini. Tanda tersebut dimaksudkan agar kita berjaga-jaga dan terus menantikan kedatangan Tuhan. Kedatangan Tuhan Yesus sama sekali tak terduga oleh siapapun (Mat.24:44). Dalam Matius 24:3 Murid-Murid melontarkan pertanyaan “Apa tanda-tanda kedatangan Tuhan Yesus dan berakhirnya dunia.” Tuhan Yesus dalam Matius 24-25 dan Lukas 21 dengan rinci menyebutkan tanda-tanda kedatangan-Nya.

Ada Tanda-Tanda Penyesatan
"Jawab Yesus kepada mereka: "Waspadalah, supaya jangan ada orang yang menyesatkan kamu. Sebab banyak orang akan datang dengan memakai nama-Ku dan berkata: Akulah Mesias, dan mereka akan menyesatkan banyak orang (Mat 24:4-5). Banyak nabi-nabi palsu akan muncul dan menyesatkan banyak orang (Mat.24:11). Sebab Mesias-Mesias palsu dan nabi-nabi palsu akan muncul dan mereka akan mengadakan tanda-tanda yang dahsyat dan mujizat-mujizat, sehingga sekiranya mungkin, mereka menyesat-kan orang-orang pilihan juga." (Mat.24:24).

Nubuatan Yesus sedang digenapi sekarang. Kita bisa melihat banyak sekali nabi-nabi palsu bermunculan yang mengaku punya karunia melakukan mujizat, mengusir setan, bernubuat dan penglihatan. Ada juga nabi palsu yang mengaku diangkat Tuhan ke sorga dan diberikan kuasa perjamuan kudus dan minyak urapan. Di ayat 24, nabi-nabi palsu itu akan mengunakan nama Yesus dan melakukan mujizat untuk menyesatkan banyak orang. Mereka adalah serigala yang menyamar seperti domba (Mat. 7:15-23). Mereka akan melakukan segalanya agar terlihat rohani dan sungguh-sungguh dari Tuhan, padahal mereka itu penyesat. Terbukti banyak sekali orang-orang yang tulus hati termakan bualan dan mujizat-mijizat yang mereka lakukan. Sudah pasti orang Kristen yang tidak mengerti kebenaran akan tertipu tatkala melihat mujizat dan hal-hal supranatural yang didemonstrasikan oleh nabi-nabi palsu itu.

Dalam Alkitab jelas-jelas dikatakan bahwa mujizat dan tanda-tanda yang mereka lakukan berasal dari iblis (Mat. 24:24; 7:22-23; 2Kor. 11:13-14). Iblis juga memiliki kuasa mengadakan mujizat. Bagaimana membedakan mujizat yang dari Tuhan dan yang dari iblis? Sederhana, mujizat Tuhan terjadi dalam konteks kebenaran. Sedangkan Iblis melakukan mujizat dalam konteks penyesatan. Tidak mungkin Tuhan membantu para penyesat dengan mengadakan mujizat.

Alkitab juga berkata “Karena akan datang waktunya, orang tidak dapat lagi menerima ajaran sehat, tetapi mereka akan mengumpulkan guru-guru menurut kehendaknya untuk memuaskan keinginan telinganya. Mereka akan memalingkan telinganya dari kebenaran dan membukanya bagi dongeng” (2 Tim 4:3-4). Saya yakin bahwa kita sedang hidup pada zaman kesesatan hari ini, zaman “penyesatan.”. Sungguh ini adalah suatu tanda dari akhir zaman!.

Tidak heran kalau begitu banyak orang kawatir akan masa depannya.
Tanda-tanda masalah ekologi yang dilaporkan setiap hari di surat kabar sedang menjadi pertanda bahwa dunia akan segera berakhir dan kedatangan Kristus yang kedua kali sudah dekat. Anda mungkin sudah tidak memiliki banyak waktu untuk mempersiapkan diri! Itulah sebabnya anda perlu datang ke gereja yang alkitabiah dan percaya kepada Kristus sekarang! Dunia kita sedang menuju kepada kehancuran. Anda harus segera percaya kepada Kristus dan aktif di gereja yang alkitabiah sebelum hari penghakiman datang. Ketika anda bertobat, Allah berjanji untuk memelihara anda dan menyelamatkan anda dari murka yang akan datang. Anda akan diangkat sebelum penghakiman terakhir atau kehancuran besar tiba.

Ada Tanda Rasial
Kristus berkata dalam Lukas 21 "Bangsa (bahasa Yunani ethnos atau suku bangsa/etnik) akan bangkit melawan bangsa (suku bangsa/­etnik) dan kerajaan ( Basilean = kelompok pemerintahan) melawan kerajaan (kelompok peme-rintahan)." (Lukas 21:10). Semua itu adalah apa yang sedang kita saksikan hari ini. Dengan semua teknologi kita dan ilmu pengeta-huan nampaknya kita tidak dapat menghentikan per-selisihan etnik antara ras, perang antar bangsa.

Lihat saja perang di Timur Tengah, Israel-Palestina, Irak, Afganistan, Somalia, Darfur. Belum lagi ketegangan Korea Utara dan Selatan, Cina dan Taiwan, India-Pakistan, Rusia-Georgia, dll. PBB melaporkan ada kurang lebih 60 perang yang sedang terjadi saat ini. Tak seorangpun dapat membawa perdamaian di bumi ini. Bahkan Antikristus juga tidak akan berhasil menciptakan perdamaian di bumi ini. Hanya Yesus Kristus yang akan membawa per-damaian antara berbagai macam ras dan kelom-pok etnik dan bangsa-bangsa - ketika Ia datang kembali ke dunia ini pada masa akhir kesusahan besar. Hanya itu damai yang benar-benar dama dan kebaikan akan melingkupi setiap orang di atas bumi ini.

Ada Tanda-tanda Antisemitik di Sekitar Kita
Dalam Lukas 21 dikatakan: "Apabila kamu melihat Yerusalem dikepung oleh tentara-tentara, ketahuilah bahwa keruntuhannya sudah dekat."(Luk. 21:20). Antisemitisisme, kebencian terhadap bangsa Yahudi, akan terus semakin meningkat pada hari-hari akhir ini, yang mana sekumpulan besar tentara bangsa-bangsa Non-Yahudi akan menyerang Yerusalem untuk menghancurkan mereka, seperti Hitler pernah lakukan pada Perang Dunia II. Iran secara terang-terangan berkata akan menghancurkan Israel. Negara-negara Arab berlomba-lomba mempersenjatai diri untuk bersiap melawan Israel. Dimana-mana kebencian terhadap Israel terus meningkat. Kita dapat perkirakan Antisemitisme akan semakin meningkat di masa depan. Ini adalah tanda bahwa kita sekarang hidup di hari-hari akhir menjelang pengangkatan. Orang-orang Kristen sejati perlu berdiri bersama orang Israel dan Yahudi dalam sejarah dunia yang gelap ini. Pemahaman yang benar tentang Perjanjian Baru membuat ini mungkin bagi orang Kristen sejati menjadi Antisemite. Meningkatnya sentimen anti-semit, yang juga dapat dirasakan di Indonesia, menggenapi nubuat dalam Alkitab yang mengatakan bahwa pada akhir zaman, semua bangsa akan membenci dan memerangi Israel (Zak. 12:2-3).

Ada Tanda Penganiayaan Terhadap Kekristenan
Penganiayaan terhadap orang Kristen dan Yahudi akan terjadi di seluruh dunia yang belum pernah terjadi sebelumnya. Banyak orang Kristen mati demi Kristus di abad dua puluh satu di berbagai negara. Orang-orang Kristen di negara Komunis China mengadakan persekutuan secara sembunyi-sembunyi. Setiap hari ada saja orang Kristen dibunuh, dibakar, disiksa karena iman mereka kepada Yesus Kristus. Yesus telah menubuatkan penganiayaan terhadap orang Kristen di seluruh dunia telah kita lihat penggenapannya saat ini di China, Kuba, Vietnam, Sudan, negara-negara Muslim, dan banyak lagi. Di Indonesi sendiri kita menyaksikan gereja-gereja ditutup paksa, dibakar dan diteror.
Yesus berkata: "Tetapi sebelum semua itu kamu akan ditangkap dan dianiaya; kamu akan diserahkan ke rumah-rumah ibadat dan penjara-penjara, dan kamu akan dihadapkan kepada raja-raja dan penguasa-penguasa oleh karena nama-Ku." (Lukas 21:12) Kemudian Ia berkata bahwa orang tua dan sahabat-sahabat akan menganiaya anda karena anda menjadi orang Kristen. Alkitab berkata: "Dan kamu akan diserahkan juga oleh orang tuamu, saudara-saudaramu, kaum keluargamu dan sahabat-sahabat-mu dan beberapa orang di antara kamu akan dibunuh dan kamu akan dibenci semua orang oleh karena nama-Ku." (Lukas 21:16-17). Yesus berkata bahwa banyak orang tua dan sanak saudara yang akan benar-benar membenci anda jika anda menjadi Kristen. Pertama, mereka akan mencoba untuk melarang anda ke gereja alkitabiah dan menjadi orang Kristen yang taat. Tetapi jika kamu telah diselamat-kan, mereka akan menekan anda dan sangat marah kepada anda. Mereka biasanya akan melakukannya untuk beberapa bulan, sampai mereka melihat bahwa mereka tidak dapat menghentikan anda lagi. Tetapi ini harga yang harus dibayar! Tak seorangpun senang melihat anda menjadi orang Kristen sejati! Mereka akan memusuhi anda bahkan di Amerika! Ini adalah harga yang harus dibayar orang Kristen sejati di zaman yang gelap ini! Inilah tanda bahwa kita hidup di masa menjelang pengangkatan.

Tanda Psikologikal
"Jagalah dirimu, supaya hatimu jangan sarat oleh pesta pora dan kemabukan serta kepentingan-kepentingan dan supaya hari Tuhan jangan dengan tiba-tiba jatuh ke atas dirimu seperti suatu jerat. Sebab ia akan menimpa semua penduduk bumi ini." (Lukas 21:34-35). Kristus juga berkata, “Dan karena makin bertambahnya kedurhakaan, maka kasih kebanyakan orang akan menjadi dingin”(Matius 24:12).

Sebelum kedatangan Tuhan Yesus tiba, dunia akan ditandai oleh meningkatnya orang-orang yang tidak peduli akan hal-hal rohani. Mereka lebih mengedepankan kepentingan sendiri, mengejar kesenangan duniawi dan kurang peduli akan kebenaran. Alkitab sudah memberitahu kita bahwa akan tiba saatnya dan sudah tiba orang-orang Kristen KTP akan mendominasi gereja-gereja (2 Tim. 3:1-5). Kenikmatan duniawi sedemikian menjerat mereka sampai-sampai mereka akan mengunjungi gereja jika mereka punya waktu atau kesempatan.

Kendatipun mereka bergereja, kehidupan mereka sangat duniawi, dan sarat dengan mementingkan diri sendiri. Mereka bergereja sekedar mencari kepuasan pribadi, yaitu berkat materi dan berkat jasmani. Mereka mencari gereja dan pengkhotbah yang sesuai dengan selera mereka (2 Tim. 4:3-4). Mereka tergila-gila akan uang dan pekerjaan. Bahkan tidak sedikit dari mereka akan murtad dan meninggalkan Tuhan. Mereka inilah yang disebutkan dalam Alkitab bahwa ketika Tuhan Yesus tiba-tiba datang, mereka dalam keadaan yang tidak siap. Mereka menyebutkan sejumlah alasan, tapi Yesus berkata, “ Aku tidak mengenal kalian.” Keadaan ini menjadi fenomena saat ini. Jangan heran! Alkitab sudah menubuatkan terlebih dulu.

Apa yang harus kita lakukan setelah mengetahui kebenaran ini? Yesus berkata: "Berjaga-jagalah senantiasa sambil berdoa, supaya kamu beroleh kekuatan untuk luput dari semua yang akan terjadi itu, dan supaya kamu tahan berdiri di hadapan Anak Manusia." (Lukas 21:36). Siap sedialah karena dunia akan segera berakhir dan Penghakiman akan segera datang. Ada empat hal yang perlu anda lakukan:
(1) Datanglah ke gereja lokal yang alkitabiah. Tidak ada lagi yang dapat menolong anda, jika anda tidak melakukan ini.
(2) Datang kepada Kristus. Ia telah mati untuk dosa-dosa anda.
(3) Memiliki kehidupan doa. Yesus berkata bahwa doa adalah kunci menjalani kehidupan Kristen yang sukses di akhir zaman ini.
(4) Terakhir, Anda harus aktif melibatkan diri dalam pendalaman-pendalaman Alkitab. Pelajarilah sebanyak mungkin doktrin-doktrin Alkitab. Isilah hidup Anda dengan pengetahuan-pengetahuan Alkitab.

Tuhan Memberkati.. :)



No comments: